8 Jenis Sepeda Motor Menurut Fungsi Dan Jenisnya

Saat ini sepeda motor merupakan bagian dari transportasi yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Selain bentuk yang simple konsumsi bahan bakar yang irit serta dapat menjangkau berbagai kondisi yang tidak dapat dilalui kendaraan lain menjadi alasan pemilihan kendaraan jenis ini.

Secara garis besar kendaraan sepeda motor yang ada di dunia terdapat berbagai jenis sesuai dengan fungsinya diantaranya:

1. Sport Bike

Sepeda motor jenis ini pada umumnya memiliki kapasitas silinder diatas 250cc diciptakan untuk penyuka kecepatan tinggi dengan tampilan full fairing yang aerodinamis.

Ducati Superbike Panigale

Sumber : http://www.ducati.com/bikes/superbike/panigale_r/index.do

2. Cruiser

Pada motor jenis Cruiser produk Harley Davidson mengacu pada jenis ini, dengan stang lebih tinggi dari jok dan kaki yang selonjor ke depan menciptakan posisi riding santai yang ergonomis dan nyaman cocok digunakan untuk perjalanan jauh. Untuk sector mesin ciri khas 2 silinder bercc diatas 500 membuat karakter motor cruiser memiliki torsi besar.

Harley-Davidson Dyna Street Bob

Sumber:  http://www.motorcyclecruiser.com/2016-harley-davidson-dyna-street-bob

3. Trail / Off road

            Dari namanya kita sudah tahu jenis motor apa ini, Off road dengan bentuk yang tinggi dan ban cangkul yang khas serta bobot yang ringan ditujukan melalui  untuk jalur yang extreme berbatu dan lumpur cukup mudah dilalui dengan akselerasi mesin yang kuat karena kecepatan tidak terlalu dibutuhkan oleh motor jenis ini

The 2017 KTM 450 SX-F

Photo by Drew Ruiz

Sumber : http://www.dirtrider.com/2017-ktm-450-sx-f-review-first-impression#page-3

4. Cub / Moped

Jenis Cub / Moped paling banyak digunakan di seluruh Dunia terutama di negara berkembang dengan design yang simple model body yang landai antara kemudi dengan jok diciptakan untuk keperluan sehari-hari. Kapasitas mesin antara 100-150cc untuk mendapatkan efisiensi irit bahan bakar.

YAMAHA VEGA VORCE

Sumber : http://www.yamaha-motor.co.id/product/vega-force

5. Scooter

Scooter merupakan jenis kendaraan yang unik dari segi bentuk yang membulat dengan diameter roda yang relatif kecil. Untuk penggunaanya pun sangat mudah sehingga menjadi alternatif selain cub / moped untuk kendaraan di perkotaan yang macet dan ramai.  Dari jenis pemindah daya scooter dibagi menjadi 2 yang menggunakan persneling dan automatic

VESPA PRIMAVERA

Sumber : http://www.id.vespa.com/en/sprint

7. Trike

Tidak banyak ulasan mengenai kendaraan jenis ini karena memang hanya sedikit pabrikan motor yang mengeluarkan produk ini, perbedaan yang paling terlihat jelas ada pada rodanya yang berjumlah 3 tidak seperti motor pada umumnya. Trike merupakan pilihan yang efisien untuk kendaraan niaga karena dapat mengangkut barang dengan kapasitas -+ 500kg.

VIAR- NEW KARYA 150

Sumber : http://www.viarmotor.com/produk/3999/new-karya-1508

8. ATV

Jenis kendaraan ini walaupun secara fisik memiliki roda 4 dengan grip ban kotak-kotak seperti susunan tahu, tetapi dari segi bentuk banyak memiliki kesamaan dengan motor salah satunya penyalur tenaga menggunakan rantai seperti motor pada umumnya. Untuk penggunaan lebih ditujukan pada kondisi daerah yang memiliki medan terjal dan extreme karena memiliki 4 roda menjadi keuntungan tersendiri untuk handling, kenyamanan dan stabilitas.

VIAR RAZOR 250 SUT

Sumber : http://viarmotor.com/mobile/produk/6400/razor-250-sut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *